Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan Anak Indonesia

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan


'Manfaat internet bagi dunia pendidikan' - apa sih itu internet? Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terhubung yang menggunakan TCP/IP Suite sebagai protokol pertukaran untuk melayani semua pengguna yang ada diseluruh dunia termasuk anda. Rangkaian internet yang tersebar dinamakan internet. 

Cara menghubungkannya itu disebut dedngan kata internetworking. Pada awalnya jaringan komputer yang dibentuk oleh dapartemen pertahanan america serikat pada tahun 1969, melaluli proyek ARPA atau ARPANET, diman amereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbasis unix kita, dapat berkomunikasi dengan jarak yang tak terhingga melalui jaringan seluler/saluran telephone. Beberapa protokol yang sering digunakan dalam dunia internet antara lain, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP POP3, dan masih banyak lagi. 

Mungkin sampai sini saja ya pengertian singkat tentang internet semoga cukup membantu, sekarang saatnya saya akan membagikan kalian 'apa sih manfaat internet bagi dunia pendidikan?' ya manfaatnya sangat banyak sekali ya seperti, sarana informasi, membermudah pencarian refrensi, sarana pemblajaran, menyediakan fasilitas multi-media, penyedia sumber informasi, sebagai penyedia sumber pemblajaran, sarana mencari beasiswa, membantu dalam penguasaan bahasa asing, mendorong kreatifitas dan kemandirian, sarana pendidikan jarak jauh, sarana penyimpanan informasi.

Sekarang saya akan menjelaskan ya 'manfaat internet bagi dunia pendidikan', yang sudah saya beritahu diatas nah, sekarang tugas kalian adalah menyimak dengan baik apa nanti yang akan saya jelaskan, semoga beruntung.

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan


Sebagai penyimpan informasi 

Terkadang informasi atau materi pemblajaran yang sudah kita catat dan kita rangkum dengan sepenuh hati dan dari lubuk hati yang paling dalam itu hilang atau terselip entah kemana? yang membuat kita jadi pusing dan tidak karuan, apalagi kalau besok akan adanya ulangan, disitu informasi itu sangat penting untuk pemblajaran kita agar mendapatkan nilai yang semaksimal mungkin, tapi jangan sedih kenapa? karena sekarang ada dunia internet, lah kenapa bang emang apa hubungannya sama dunia internet, tentu saja ada, sekarang diinternet semua informasi dapat kita cari atau kita akses dengan mudah yang dapat kita kunjungi setiap saat tanpa adanya rasa takut kehilangan.


Sarana pendidikan jarak jauh

Internet dapat memungkinkan kita untuk mencari informasi/melakukan pendidikan jarak jauh. Bahkan ada beberapa sekolah yang menyediakan kuliah online yang memungkinkan mahasiswa untuk kuliah atau berpendiidkan secara jarak jauh. Bisa juga jika kita membutuhkan informasi seperti pdf, wordpress, dan lain lain yang letaknya sangat jauh, nah diinternet kita bisa mendownload file itu tanpa memikirkan seberapa jauh jarak kita.


Mendorong kreatifitas dan kemandirian anak 

Informasi yang didapat dari dunia internet dapat mendorong seorang anak untuk mengembangkan kreatifitas dalam berkarya melalui inspirasi yang ia dapatkan melalui media internet. Internet juga dapat mendorong kreatifitas dan memotivasi anak atau mahasiswa dalam mengembangkan nilai intelektual dapat mengembangkan dan ilmu pengetahuan baik secara teori dan praktik. Orang yang lihai dalam dunia internet maka dia akan mandiri dalam mencari sebuah informasi yang ia butuhkan tanpa harus merepotkan orang banyak.

Menambah penguasaan bahasa asing 

Kenapa ini juga termasuk dalam 'manfaat internet bagi dunia pendidikan' ya karena internet itu menyediakan segalanya informasi dari hal kecilk sampai hal yang penting kecuali dokumen negara dan hal lainnya yang memang benar benar dikunci, nah diinternet ini kita bisa mengaksess google translate guna untuk menerjemahkan bahasa satu kebahasa lainnya, contoh indonesia - inggris.


Sarana mencari

Tidak semua beasiswa dapat kita dapatkan disekolah ataupun universitas, namun internet dapat kita gunakan untuk mencari informasi beasiswa baik itu didalam maupun luar negri dan jika diinternet kemungkinan informasi akan menjuadi lebih jelas dan dapat kita lihat secara deteil.


Sebagai penyedia sumber pemblajaran tambahan

Diinternet kita juga dapat mencari informasi yang mirip mirip dengan pemblejaran kita disekolah sebagai pendidikan pemblajaran tambahan guna untuk memperjelas apa yang sudah diterangkan disekolah.

Penyedia sumber informasi yang relatif murah

Diinternet semua informasi adalah sama harganya tidak ada yang murah dan tidak ada yang mahal tapi sama rata asalkan kalian mempunyai kuota yang cuckup untuk mengakses dunia internet, jadi saya simpulkan bahwa dunia pendidikan didunia internet relatif murah jika dibandingkan dengan harus membeli buku pendidkan yang tebalnya luar biasa apalagi pelajaran IPS yang terkenal dengan ketebalannya hehe.

Penyedia fasilitas multimedia

Diinternet informasi tidak hanya dapat kita cari dalam bentuk artikel saja tapi juga terdapat media video dan juga suara untuk memudahkan kita mencerna informasi jika kita kurang pandai menyerap jika hanya melihat tulisan saja.


Sebagai sarana pembelajaran  

Informasi tidak hanya kita dapat dari sekolah saja tapi dapat kita dapatkan dari dunia internet atau bahkan dapat lebih jelas dari yang dibuku yang ada disekolah tapi tidak  mesti ya diinternet intu sepenuhnya benar jadi kita harus pandai pandai memfilter materi yang kita dapatkan dari sekolah dan internet.


Sebagai sarana pencari refrensi 

Selain digunakan untuk media pendidikan diinternet juga kita dapat mencari refrensi kenapa? karena diinternet ada semua internet mah bebas.
Baca Juga Download mobile legend adventure mod apk

Mungkin cukup itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi para pembaca akhir kata dari saya silahkan disimak dengan baik dan bisa menjadi wawasan untuk kalian semua, jangan lupa untuk komentar jika ada yang ingin ditanyakan terima kasih.


Tags: 

  • Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan
  • Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Post a Comment for "Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan Anak Indonesia"